Friday, November 14, 2008

Agama Buddha

Buddha berasal dari bahasa sansekerta yang berarti mereka yang sadar,yang mencapai pencerahan sejati.dari perkataan Sansekerta:”Budh”,untuk mengetahui merupakan gelar untuk individu yang menyadari potensi penuh mereka untuk memajukan diri dan yang berkembang kesadarannya.

Sejarah agama Buddha mulai dari abad ke-6 SM sampai sekarang dari lahirnya sang Buddha Sidharta Gautama.Dengan ini Buddaa adalah agama tertua yang masih dianut odi dunia.
Pada dasarnya, buddha yang berasal dari india, masuk indonesia pertama kali dibawa oleh orang india yang datang untuk berdagang dengan mamanfaatkan angin musim.setelah selesai berdagang dan sambil menunggu angin musim yang dibawa oleh orang india yang datang untuk berdagang dengan mamanfaatkan angin musim.

Siddartha Gautama yaitu pendiri agama Buddha,beliau anak dari raja Kapilavastu.beliau juga di kenal dengan nama sakyamuni(harafiah:orang yang bijak dari kaum Sakya).

konsep Ketuhanan Yang Mahaesa dalam agama Buddha. Ketuhanan Yang Mahaesa dalam bahasa Pali adalah Atthi Ajatang Abhutang Akatang Asamkhatang yang artinya "Suatu Yang Tidak Dilahirkan, Tidak Dijelmakan, Tidak Diciptakan dan Yang Mutlak".
Konsep-konsep tentang alam semesta, terbentuknya Bumi dan manusia, kehidupan manusia di alam semesta, kiamat dan Keselamatan atau Kebebasan.

Sumber-sumber hukum agama Budha yaitu,
Kitab suci agama budha adalah TRIPITAKA, tripitaka terbagi 3 macam yaitu;
Kitab suci agama Buddha yang paling tua yang diketahui hingga sekarang tertulis dalam bahasa Pâli dan Sansekerta; terbagi dalam tiga kelompok besar yang dikenal sebagai 'pitaka' atau 'keranjang', yaitu :
1. Vinaya Pitaka
2. Sutta Pitaka, dan
3. Abhidhamma Pitaka

Meditasi
Meditasi berupa latihan perenungan, pensucian diri dari hal-hal atau ruh-ruh jahat yang ada dalam diri. Meditasi bukan berarti duduk, berbaring atau berjalan saja, meditasi lebih berarti melakukan perubahan kearah pembebasan umat manusia dari perbuatan jahat dan buruk.

Ajaran Buddha juga menjunjung tinggi nilai-nilai kemoralan. Nilai-nilai kemoralan yang diharuskan untuk umat awam umat Buddha biasanya dikenal dengan Pancasila. Kelima nilai-nilai kemoralan untuk umat awam adalah:
Panatipata Veramani Sikkhapadam Samadiyami
Adinnadana Veramani Sikkhapadam Samadiyami
Kamesu Micchacara Veramani Sikhapadam
Musavada Veramani Sikkhapadam Samadiyami
Surameraya Majjapamadatthana Veramani Sikkhapadam Samadiyami
agama Buddha juga amat menjunjung tinggi karma sebagai sesuatu yang berpegang pada prinsip sebab akibat.

KAIDAH DAN ETIKA AGAMA BUDHA YANG BERHUBUNGAN DENGAN KESEHATAN

Cinta Kasih dan Kasih Sayang yang tidak terbatas
menolong semua makhluk.
Menolak semua keinginan nafsu keduniawian.
Mempelajari, menghayati dan mengamalkan Dharma(mengendalikan pikiran).
Berusaha mencapai Pencerahan Sempurna.

3 comments:

dariee said...

jangan banyak bermain sebentar lagikan mau semester

dariee said...

jangan nakal

dwi said...

kapan mulai belajar kelompok