Sunday, November 9, 2008

Agama Kristen Protestan

KATA PENGANTAR

Alhamdulillahirabbil’aalamin, segala puji dan syukur bagi Allah semata, kedamaian dan kesejahteraan dari-Nya semoga tercurah bagi Rosulullah SAW. Beserta keluarga, sahabat,dan pengikutnya, atas limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas makalah ini berjudul Agama Kristen Protestan.

Penulis menyadari bahwa dalam penulisan ini masih banyak kekurangan dan masih jauh dari kesempurnaan. Oleh sebab itu, penulis mengharapkan dan menerima kritikan serta saran yang bersifat membangun untuk kesempurnaan, penulisan ini di masa yang akan datang. Dalam menyusun tugas ini penulis banyak mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan tugas ini, baik secara lansung maupun tidak lansung.

Dan menyadari bahwa semua kebenaran datangnya hanya dari Dia Yang Maha Memiliki kehidupan, maka kita berharap semoga kekhilafan,yang sekira ada pada upaya gigih dan tulus dari penulis makalah ini,akan mendapat ampunan dan limpahan rahmat yang tak terhingga dari Sang Pendidik Sejati,amin!

Sekayu,13 Oktober 2008


Penyusun
DAFTAR ISI

Kata pengantar……………………………………………………….. i
Daftar isi………………………………………………………………. ii
BAB I PENDAHULUAN
I.1 Latar belakang……………………………………………………... 1
A. Rumasan masalah………………………………. …………. 1
B. Tujuan………………………………………………………..2
C. Manfaat……………………………………………………... 2
BAB II PEMBAHASAN
II.1 Pengertian agama Kristen katolik………………………………3
II.2 Sejarah perkembangan Kristen katolik …………………………3
II.3 Sumber-sumber hukumnya…………………………………….. 4
II.4 Cara-cara beribadah…………………………………………….5
II.5 Hubungan antar sesama, manusia dan lingkungan……………. 5
II.6 Kaidah dan etika agama katolik yang
berhubungan dengan kesehatan……………………………….. 6
II.7 Pandangan Agama Islam Terhadap Agama
Kristen Katolik………………………………………………….6
Daftar pustaka………………………………………………………… 7


BAB I
PENDA HULUAN
I.1 Latar Belakang
Pada era globalisasi seperti sekarang ini, ilmu pengetahuan dan tekhnologi terus mengalami perkembangan. Bersamaan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi tentu saja pengetahuan manusia juga ikut meningkat. Tapi dengan meningkatnya pengetahuan manusia, hal ini dapat menyebabkan menurunnya norma-norma kita dalam beragama. Selain itu juga hal-hal tersebut, membawa dampak negatif yang di antaranya munculnya agama-agama baru di dunia.
Agama yang di anut umat manusia terbagi menjadi menjadi 2,yaitu agama yang hak dan agama yang batil. Agama terdiri dari dua unsur pokok, yaitu akidah (keyakinan-keyakinan) yang merupakan prinsip agama, dan hukum-hukum praktis yang merupakan konsekuensi logis dari prinsip agama tersebut. Oleh karena itu, penyusun membuat makalah ini yang menangkat tema Agama Khususnya, tentang Agama Kristen Protestan.


A. Rumusan Masalah
1. Apa pengertian Agama Kristen Protestan
2. Apa sejarah perkembanagnnya?
3. Siapa pembawanya?
4. Bagaimana keyakinan/keimanan/ketuhanan nya?
5. Apa sumber-sumber hukumnya?
6. Bagaimana cara-cara beribadah?
7. Bagaimana hubungan antara sesame manusia dan lingkungannya?
8. Apa kaidah dan etika Agama Protestan yang berhubungan dengan kesehatan?
9. Bagaimana pandangan Islam terhadap Kristen Protestan?



B. Tujuan
1. Agar mengetahui arti, sejarah , sumber-sumber hukum agama Kristen Protestan
2. Agar dapat menambah wawasan dan pengetahuan mengenai Agama Kristen Protestan.
3. Agar menjadi pembelajaran bagi para mahasiswa dan bagi kita semua mengenai pengetahuan Agama.

C. Manfaat
Kita dapat mampu meningkatkan pengetahuan kita mengenai berbagai macam agama yang ada didunia khusus nya agama Kristen protestan.

BAB II
PEMBAHASAN
II.1 Pengertian agama Kristen Protestan
Agama Kristen mengandung arti “orang yang diurapi” yaitu orang yang digosok dengan minyak suci sebagai suatu upacara konsekrasi (pensucian).Jadi kata Kristen mengandung arti orang-orang yang telah dibaptiskan dengan perminyakan suci itu.Dengan pembaptisan tersebut orang telah diakui syah sebagai pengikut kristus (orang yang diurapi).Sesuai dengan kitab injil sebagai berikut:“… … … … dan tiada Engkau beri orang sucimu”.
Dalam kalangan umat Kristen terdapat juga berbagai aliran dan golongan,yaitu bukan sedikit pula jumlahnya.Aliran-aliran itu timbul karena perbedaan faham tentang ketuhanan Tritunggal,tentang injil,dan tentang hak kekuasaan gereja dan pedeta yaitu salah satu nya adalah agama Kristen Protestan.
Protestan adalah sebuah mashab dalam agama kisten.Mashab atau denominasi ini muncul setelah protes Martin Luther pada tahun 1517 dengan 95 dalilnya.Kata Protetan berarti Pro-testanum yang berarti kembali ke Injil(testanum).Pada tahun 2005,± 5,9%(14.276.459) dari 241.973.879 penduduk Indonesia beragama Protestan.
Kristen Protestan memiliki 2 ciri khas yang paling menonjol,yaitu pembenaran karena iman,dan Asas Protestan.Dalam konsepsi Protestan,iman bukan sekedar masalah kepercayaan,yaitu diterimanya suatu pengetahuan sebagai hal yang pasti,tanpa perlu ada bukti.Iman adalah suatu tanggapan seluruh diri manusia,yang dalam kata-kata Emil Brunner disebut sebagai:”suatu keseluruhan tindakan dari seluruh pribadi.”Dengan demikian,iman menyangkut suatu gerak naikdari pikiran:khususnya suatu keyakinan akan kekutan kreatif tuhan yang tidak terbatas dan berada dimana-mana.

II.2 Sejarah perkembangan Kristen Protestan
Jumlah penganut agama Kristen protestan 12 juta orang,kira-kira 6% dari jumlah seluruh penduduk Indonesia.Agama Kristen Protestan di bawah naungan bendera Belanda dalam abad 18 dan 19,orang-orang Belanda muncul pada akhir abad ke-16 keseluruh wilayah Indonesia.Pada tahun 1602 bergabunglah kelompok-kelompok dagang di Belanda menjadi sebuah persekutuan perdagangan dengan nama VOC.
Berdasarkan perjanjian dengan negara Belanda mereka boleh membentuk pasukan sendiri,mengumumkan perang,membuat perjanjian dan mencetak mata uang sendiri.Dan bersarkan perjanjian ini juga VOC harus melakukan segala sesuatu untuk menyebarkan agama Protestan.Dibawah pemerintahan VOC kegiatan agama Katolik dilarang.Tetapi keadaan ini berubah setelah kekusaan VOC berakhir pada abad ke-18.

II.3 Sumber-sumber hukumnya
Alkitab
Injil
Alkitab, disebutkan di dalam kitab Injil Yohannes, pasal 14 ayat 28, Yesus berkata “... sebab Bapa lebih besar daripada Aku”. Disebutkan di dalam kitab Injil Yohannes, pasal 10 ayat 29, “Bapa-Ku, yang memberikan mereka kepada-Ku, lebih besar dari pada siapapun ... “. Di dalam Injil Matius, pasal 12 ayat 28 disebutkan “Tetapi jika Aku mengusir setan dengan kuasa Roh Allah ... “. Di dalam Injil Lukas, pasal 11 ayat 20, disebutkan, “Tetapi jika Aku mengusir setan dengan kuasa Allah ... “, Disebutkan di dalam kitab Injil Yohannes, pasal 5 ayat 30, “Aku tidak dapat berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri; Aku menghakimi sesuai dengan apa yang Aku dengar.
Dan juga Yesus tidak pernah mengatakan bahwa dirinya adalah Tuhan. Sebaliknya, ia mengatakan bahwa dirinya diutus oleh Tuhan. Dia adalah rasul utusan Tuhan. Disebutkan di dalam kitab Injil Yohannes, pasal 14 ayat 24

Taurat
“Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya. Karena aku berkata kepadamu Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi. Karena itu, siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga. Maka Aku berkata kepadamu: Jika hidup keagamaanmu tidak lebih benar dari pada hidup keagamaan ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, sesungguhnya kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga”. Jadi, Yesus berkata jika Anda ingin masuk ke dalam Kerajaan Sorga, maka Anda harus mematuhi setiap ketetapan perintah yang disampaikan oleh Nabi Musa a.s. Anda harus mematuhi setiap perintah yang termuat di dalam Perjanjian Lama termasuk ayat-ayat yang tadi saya kutipkan, yakni bahwa hanya ada satu Tuhan dan Anda dilarang untuk menyembah kepada berhala. Anda juga dilarang untuk membuat gambaran (penampakan/rupa) tentang Dia.

II.4 Cara-cara beribadah
Tempat peribadatan agama protestan yaitu gereja Apakah gereja itu? Dalam hal ini ditinjau dari segi materil, tak ada bedanya dari sebuah gedung pertemuan. Sama-sama terdiri dari semen, genteng, atau seng, kursi-kursi, podium unyuk pidato,baca khutbah. Bedanya Gereja digunakan sebagai tempat pertemuan untuk melangsungkan kebaktian bersama sesuai ibadat agama Kristen. Disini, pertemuan itu diyakini sebagai pertemuan Tuhan dengan pengikutnya.Adapun gereja dalam agama Kristen protestan disebut gereja revormasi.Nama reformasi ini ada hubungannya dengan cita-cita yang terkandung dalam gereja ini ialah cita-cita mengadakan pembaharuan terhadap agama Kristen supaya kembali kepada ajaran asli Al-kitab dan ajaran Yesus kristus.Gereja protestan ini berpusat di Roma yang berdiri pada abad 16 masehi.
Adapun beberapa upacara ibadah dalam agama Kristen protestan ialah sbb:
a.Penjamuan suci
Penjamuan suci merupakan upacara makan minum yang pernah dilakukan oleh yesus kristus pada suatu malam ketika dia di hianatii oleh orang-orang yahudi.Dalam penjamuan tersebut terjadilah penjamuan pertemuan antara yesus kristus dengan orang-orang yang berdosa.Mereka padasaat itu mendapatkan pengampunan dosa oleh kristus dengan diberi roti dan minum anggur sebagai lambing perdamaian.
b.Sakramen Pembaktisan
Protestan melakukan sakramen pembaktisan atas orang-orang yang telah mencapai usia dewasa dengan memandikan mereka.Hal ini dilakukan sebagai apa yang dilakukan oleh yahya yang memandikan yesus sebagai upacara pembaktisan menjadi rosul tuhan dengan air sungai yordan pada waktu usia 30 tahun.

II.5 Hubungan antar sesama, manusia dan lingkungan
Pada umumnya agama protestan tidak jauh berbeda dengan agama khatolik yaitu
• saling tolong-menolong antara umat beragama sehingga akan tercipta suatu suasana yang harmonis antar umat beragama dengan tidak menyangkutkan masalah keyakinan.
• Saling tenggang rasa antara umat beragama ketika umat lain sedang melakukan kegiatan keagamaan
• Selain itu,dalam melakukan interaksi dengan lingkungan,mereka sangat memperhatikan kebersihan lingkungan,menjaga semua yang ada dibumi sebagai bentuk rasa syukur kepada tuhan.


II.6 Kaidah dan etika agama protestan yang berhubungan dengan kesehatan
Kaidah dan etika agama yang berhubungan dengan kesehatan pada prinsipnya memiliki persamaan walaupun agama yang dijadikan kepercayaan tersebut memiliki perbedaan.Pada hakikatnya setiap agama akan mendapatkan asuhan keperawatan dan pelayanan yang sama.
Dalam hal etika dibidang kesehatan,agama Kristen protestan berlandaskan dengan rasa cinta dan kasih sayang seperti yang ditanamkan oleh kitab injil sebagai pedoman hidup yang mereka percayai.Sehingga pada zaman masehi berdirilah rumah sakit diroma seperti monastic hospital.

II.7 Pandangan Agama Islam Terhadap Agama Kristen Protestan
• Menurut pandangan islam,kitab injil yang dijadikan pedoman dalam agama Kristen protestan sebenarnya tidak patut dijadikan pedoman hidup.Menurut para ahli ulama islam yang telah melakukan berbagai penelitian menyatakan bahwa sebenarnya kitab injil adalah buatan manusia bukan bersumber dari Tuhan.
• Islam juga tidak setuju dengan adanya pengakuan dosa karena tidak mungkin dengan mengakui dosa didepan pastur semua dosa kita terhapus.
• Ada beberapa hal yang sebenarnya adalah kebiasaan dari agama Kristen tetapi juga dijadikan kebiasaan dalam agama islam yaitu seperti sering diperingatinya hari kasih sayang yang lebih dikenal dengan valentine.Dan juga sering diperingati Tahun Baru Masehi serta peringatan hari ulang tahun.Padahal itu semua sangat bertentangan dengan agama islam.
• DAFTAR PUSTAKA

• Spiritual-World@googlegroups.com
• K.H.Agus,hakim,Perbandingan Agama.Bandung:CV.Diponegoro,1996.
• HM.Arifin,Prof,M.Ed,Menguak Misteri Ajaran Agama-Agama Besar.Jakarta:PT.Golden Trayon Prees,2002.
• Swaramuslim.net@googlegroups.com

2 comments:

WongMbeling said...

mengenai pandangan Anda (Islam) terhadap agama Kristen Protestan agaknya masih (sori) sangat cetek/dangkal ya..
1. tidak ada pengakuan dosa di agama Kristen Protestan
2.Tidak ada perayaan Valentine di agama Kristen Protestan
3. diperingatinya Tahun Baru Masehi serta peringatan hari ulang tahun bertentangan dengan agama islam? boleh anda sebutkan ayatnya?
4. soal Injil itu buatan manusia, karena menurut saya di surga/akhirat/neraka/atau dimanalah itu.. tidak ada percetakan, jadi tidak ada kitab yang "GABRUG" ... berjatuhan di bumi disebarkan kepada manusia secara langsung, lha kalo gitu siapa yang mengerti apa isi dan artinya? ada keterbatasan manusia atas penterjemahan isi sebuah kitab, karena itu perlu hikmah, Anda sendiri apa dari lahir langsung tau kalo Anda sudah beragama, agama itu berdasarkan ajaran seseorang yang cocok dan menyangkut di hati kita dan kita menjalankan..

sepertinya Anda masih harus belajar sejarah lebih dalam lagi untuk membahas dan membedakan antara agama Kristen, Katolik, Samawi... atau apalah sebutan anda akan hal itu sebelum anda mempostingnya...

Jalani Hari Takkan Pernah Berhenti said...

kalau anda ingin mempelajari AGAMA secara benar,masuklah dulu keagama itu,jangan pernah membuat argumen seperti itu hai sobat

apa pernah minoritas mengusik!!!!!!tapi lihat....banyak ORMAS yg anda ketahui sendiri ANARKIS,harusnya anda malu!!!!!!

dalam agama tidak ada menganiyaya dan membunuh,itu DOSA!!!!!lihat realita sekarang