Tuesday, January 6, 2009

PANCASILA DAN UUD 1945

Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkan atas kehadlirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat hidayahNya sehingga kami dapat menyusun makalah ini dengan tepat waktu.
Makalah ini kami susun sebagai tugas mata kuliah Pancasila Sekolah Tinggi Agama Islam Rahmaniyah Sekayu Semester I. Sehingga mahasiswa dapat lebih memahami mata kuliah Pancasila. Penyusun juga mengucapkan banyak terima kasih kepada ibu Ita Izzaka selaku Dosen Pembimbing beserta teman-teman yang ikut dalam penyusunan makalah ini.
Penyusun mengharapkan semoga makalah ini bermanfaat dalam kegiatan belajar mengajar dan pembaca makalah ini khususnya semoga dengan adanya Pancasila dan UUD 1945 yang menjadi pokok pembahasan dalam makalah ini, penyusun menyadari banyak kekurangan dan keterbatasan dalam menyusun makalah ini karena penulis adalah tak luput salah dan khilaf, oleh sebab itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun demi kesempurnaan makalah ini.


Sekayu, 18 Desember 2008


Penyusun

Bab I
Pendahuluan
a.Latar Belakang
Pancasila adalah dasar filsafat negara Republik Indonesia yang secara resmi tercantum di dalam pembukaan UUD 1945 dan ditetapkan oleh PPKI tanggal 18 Agustus 1945 bersama-sama dengan UUD 1945 diundangkan dalam berita Republik Indonesia tahun II No.7.
Jika memperhatikan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa setiap bangsa mempunyai kepribadian. Demikian pula bangsa Indonesia mempunyai kepribadian sendiri. Kepribadian Indonesia adalah keseluruhan ciri khas bangsa Indonesia yang membedakan banga Indonesia dan bangsa lain. Walapun sejak dahulu bangsa Indonesia telah berinteraksi dan berbagai peradaban dan kebudayaan lain, tetapi kepribadian bangsa Indonesia tetap hidup dan berkembang yang telah dicerminkan dalam sila-sila Pancasila.
Maka setiap warga negara perlu dan seharusnya mempelajari, memahami, menghayati dan selanjutnya untuk diamalkan dalam rangka bermasyarakat, berbangsa bernegara terutama di dunia pendidikan sejak dari taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi.

b.Rumusan Masalah
Dalam [embahasan makalah kami ada beberapa rumusan masalah yang akan dibahas yaitu:
1.Apa pengertian Pancasila?
2.Kapan Pancasila diresmikan bersama dibentuknya UUD 1945?
3.Siapa saja tokoh-tokoh nasional yang meresmikan Pancasila beserta UUD 1945?
4.Apa saja fungsi dan kedudukan Pancasila?

c.Tujuan
Di dalam pembahasan makalah ini ada tujuan:
1.Pancasila dan Undang-undang sangat menetukan masa depan bangsa terutama dalam kaitannya dengan ketahanan mental ideologi bangsa Indonesia berdasarkan Pancasila, karena dalam pergantian generasi bangsa sangat penting adalah pewarisan nilai-nilai Pancasila
2.Mengembangkan pengetahuan secara ilmiah, sehingga setelah kuliah para sarjana sebagai calon pimimpin.
3.Dapat mengembangkan pengetahuan tentang konsep Pancasila dan Undang-undang
4.Memotivasi mahasiswa dalam mengembangkan aspek pengetahuan, sikap, perilaku berdasarkan moral Pancasila
5.Menarik dan membangkitkan minat baca mahasiswa tentang Pncasila dan UUD 1945

d.Manfaat
Di dalam pembahasan makalah ini adapun manfaat yang dapat dipetik yaitu:
1.Agar melatih mahasiswa berpikir secara kritis, rasional, kreatif dengan adanya pembahasan Pancasila dan UUD 1945
2.Mendapat ilmu pengetahuan yang lebih luas tentang konsep Pancasila dan UUD
3.Melatih mahasiswa agar memiliki sikap demokrasi sebagai warna negara yang berlandaskan Pancasila
4.Meningkatkan belajar dan mengajar dan berwawasan yang lebih luas


Daftar Pustaka
Abu Bakar, Suardi, 1994, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Untuk Kelas 1 SMU, Jakarta: Yudhistira

AbdulKarim, Alm, 2004, Kewarganegaraan Untuk SMA Kelas II, Bandung: Grafindo

Abdulkarim, Alm, 2004, Kewarganegaraan Untuk SMA Kelas III, Bandung, Grafindo

Kaelan, 1990, Pancasila Yuridis Kenegaraan, Yogyakarta: Fakultas Filsafat Universitas Gajah Mada

Widodo, Bambang, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Untuk SMU Kelas II, Yogyakarta: Bumi Aksara

No comments: