Monday, February 9, 2009

Kepramuniagaan

BAB 1
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Persaingan usaha yang sangat ketat membuat perusahaan, toko, department store, dan sebagainya. Melakukan berbagai usaha untuk memajukan usahanya. Usaha itu diantaranya dengan melakukan promosi, pelayanan yang memuaskan serta meningkatkan kualitas produk yang tinggi. Dalam hal ini, pelayanan sangat memegang peranan penting untuk kemajuan suatu usaha. Dengan pelayanan yang memuaskan maka konsumen akan merasa puas.
Suatu kegiatan dimana seseorang melakukan pelayanan kepada konsumen / pelanggan yang mengunjungi toko atau department store untuk berbelanja disebut Kepramuniagaan, sedangkan orang yang melayani kegiatan jual beli disebut Pramuniaga.
Kegiatan kepramuniagaan sangat penting dilakukan karena apabila suatu toko atau suatu department store tidak melaksanakan pelayanan dengan baik maka konsumen akan merasa tidak nyaman pada saat berbelanja dan akhirnya pindah ketempat lain untuk berbelanja dengan pelayanan yang lebih baik.
Hal itu tentu tidak hanya dengan memiliki pramuniaga yang berpenampilan menarik saja, tetapi seorang pramuniaga juga harus dibekali dengan pengetahuan, keterampilan dan pengalaman yang memadai agar dapat menunjang kepramuniagaan tersebut.
Dengan kegiatan kepramuniagaan ini diharapkan akan dapat meningkatkan omzet penjualan suatu toko atau department store dimasa yang akan datang.

1.2 Tujuan
Adapun tujuan dari program study wisata ini adalah sebagai berikut :
1. Untuk mengetahui tugas-tugas dari seorang pramuniaga
2. Untuk mengetahui cara-cara dalam melakukan penataan produk yang baik
3. Untuk mengetahui sikap-sikap yang dibutuhkan dalam melakukan pelayanan terhadap konsumen
4. Untuk mengetahui peralatan transaksi yang digunakan dalam perhitungan harga.
5. Untuk mengetahui proses kerja kepramuniagaan

BAB 2
PEMBAHASAN

2.1 Tugas-tugas seorang pramuniaga
Didalam melakukan proses pekerjaannya, seorang pramuniaga memiliki tugas-tugas yang harus dilakukan.
Adapun tugas-tugas dari seorang pramuniaga diantaranya sebagai berikut :
1. Memberikan pelayanan yang memuaskan konsumen
2. Melakukan penataan produk
3. Melakukan pelabelan pada setiap produk
4. Mampu memperhatikan setiap gerak-gerik dari konsumen
5. Memperhatikan tanggal kadaluarsa dari setiap produk
6. Menjaga kebersihan dan kerapian toko agar konsumen merasa nyaman pada saat berbelanja
7. Mampu mengatasi setiap keluhan dari konsumen
Selain melakukan semua tugas-tugasnya, seorang pramuniaga juga harus memperhatikan setiap penampilannya.
Adapun penampilan seorang pramuniaga yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut :
1. Memakai seragam kasir secara lengkap, bersih, dan rapi
2. ID Card selalu dipasang di dada disebelah kiri atas dalam posisi yang benar
3. Sepatu pantofel format warna hitam, selama bertugas tidak diperkenankan dibuka.
4. Rambut terawatt, disisir rapi, memakai aksesoris rambut yang pantas
5. Rias wajah rapi, memakai bedak dan lipstick
6. Perhiasan yang digunakan tidak berlebihan dan pantas
7. Memelihara dan merawat tubuh dengan baik
8. Menjaga kebersihan mulut dan gigi
9. Menjaga kebersihan tangan dan kuku

2.2 Cara-cara dalam melakukan penataan produk yang baik
Penataan produk yang baik akan menambah daya tarik konsumen didalam berbelanja, sehingga omzet penjualan akan meningkat. Adapun cara-cara didalam melakukan penataan produk yang baik diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Produk ditata berdasarkan department
2. Produk ditata serapi mungkin
3. Produk disusun berdasarkan ukurannya
4. Merk produk tidak boleh terbalik
5. Rak display tidak boleh kosong

2.3 Sikap-sikap yang dibutuhkan dalam melakukan pelayanan terhadap konsumen
Sikap-sikap yang dibutuhkan dalam melakukan pelayanan terhadap konsumen antara lain sebagai berikut :
1. Ramah
Dapat ditujukan dengan memberi senyuman, memberi bantuan kepada konsumen, menarik dalam berpenampilan, berbicara yang baik, dan ekspresi wajah yang ceria dalam berbicara, dan melakukan tegur sapa dengan akrab, misalnya “selamat siang pak/bu……..”

2. Sopan
Berperilaku sopanlah saat duduk, berdiri dan saat berjalan kesopanan dapat pula ditunjukkan dengan hal-hal sebagai berikut :
a. Dalam berbicara menggunakan gerak-gerik yang sopan
b. Berbicara yang jelas, volume, dan nada suara yang tepat
c. Jangan menggunakan ungkapan “apa” atau “He”, gunakanlah ungkapan “maaf” atau “bagaimana”
d. Jangan berbicara sambil mengunyah makanan
e. Jangan berbicara sambil garuk-garuk kepala / badan
f. Jangan berbicara sambil tolang pinggang
g. Jangan berbicara sambil tangan di saku
h. Jangan berbicara sambil mengisap rokok
i. Harus menatap lawan bicara

3. Bicara
Janganlah berbohong terhadap konsumen baik mengenai spesifikasi produk yang dijual maupun dalam pemberian informasi.

4. Cermat
Seorang pramuniaga harus bersungguh-sungguh dan fokus dalam melaksanakan suatu pekerjaan yang sedang dikerjakan.
5. Teliti
Hati-hati dan berusaha untuk mencek ulang segala sesuatu yang telah dikerjakan.
6. Bertanggung jawab
Seorang pramuniaga dalam memberikan pelayanan harus dengan seksama dan berdasarkan pemikiran yang rasional.

2.4 Peralatan transaksi yang digunakan dalam perhitungan harga
Adapun peralatan transaksi yang digunakan dalam perhitungan harga antara lain sebagai berikut :
1. Cash register
Cash register adalah alat atau mesin yang digunakan untuk menghitung kuantitas dan harga barang. Cash register memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan kalkulator.
Keunggulan-keunggulan tersebut antara lain untuk :
- Mengetahui total penjualan
- Alat kontrol pemilik toko
- Mengetahui jenis dan nama barang yang dijual / dibeli
- Mempercepat proses penyelesaian transaksi pembayaran dengan akurat
- Mengetahui persediaan barang yang masih ada untuk tiap jenis barang

2.5 Proses Kerja Kepramuniagaan
a. Proses pelaksanaan pekerjaan
1. Persiapan / beradaptasi dengan lingkungan kerja
Melakukan persiapan atau beradaptasi dengan lingkungan kerja yaitu dilakukan dengan mengetahui produk-produk yang dijual, harganya, kualitas produknya serta mengenal karyawan-karyawan yang bekerja ditoko tempat kita bekerja. Sehingga apabila konsumen membutuhkan informasi tentang barang-barang yang dijual, sebagai seorang pramuniaga kita bisa memberikan informasi apa yang dibutuhkan konsumen mengenai barang yang dijual.

2. Menata produk
Yaitu merancang penataan produk yang dibuat sesuai standar, layout toko dibuat sesuai rancangan, penataan produk dimonitor sesuai prosedur dan penataan produk dipertahankan agar sesuai rancangan sehingga apabila konsumen berbelanja akan merasa nyaman dengan penataan produk yang kita buat dengan sedemikian rupa.

3. Melakukan komunikasi dan negoisasi
Yaitu mampu menjaga komunikasi yang baik dengan konsumen, menangani keluhan, keberatan (komplain) yang diajukan oleh konsumen dan mencari solusi dari permasalahan tersebut.

4. Melakukan proses administrasi jual beli
Yaitu menyiapkan formulir-formulir yang dibutuhkan kemudian mengisi formulir penjualan tersebut sesuai dengan prosedur dan melayani konsumen dengan baik, sehingga jumlah konsumen akan meningkat dengan pelayanan yang memuaskan yang diberikan tersebut.

5. Menyiapkan dan mengoperasikan peralatan transaksi dilokasi penjualan
Yaitu mengoperasikan alat-alat yang digunakan didalam toko, seperti kalkulator, alat timbang, cash register, dsb.

b. Kelengkapan administrasi
kelengkapan administrasi yang merupakan persyaratan administrasi yang mendukung kelancaran proses penjualan yang mempunyai legalitas adalah sebagai berikut :
1. Nota
2. Buku penjualan
3. Label harga
4. Pembungkus
5. Nota pembelian
6. Daftar harga



BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Dengan memperhatikan dan menganalisa hasil dari analisis study wisata yang kami lakukan pada hari Minggu, 25 Januari 2009 yang lalu dan pembahasan yang kami uraikan dalam Bab II. Berikut ini diuraikan beberapa kesimpulan yang dapat diambil diantaranya sebagai berikut :
1. Dalam melakukan kegiatan kepramuniagaan, seorang pramuniaga mempunyai tugas-tugas yang harus dilakukan yaitu memberikan pelayanan yang memuaskan, melakukan penataan produk, dsb. Selain itu, seorang pramuniaga juga harus memperhatikan setiap penampilannya yaitu pakaian, badan, rambut, wajah, tangan, dsb.
2. Dalam melakukan penataan produk yang baik ada beberapa cara yang harus dilakukan yaitu produk ditata berdasarkan departemen, produk ditata serapi mungkin, dsb. Karena penataan produk yang baik akan menambah daya tarik konsumen dalam berbelanja.
3. Sikap-sikap yang dibutuhkan dalam melakukan pelayanan terhadap konsumen antara lain ramah, sopan, jujur, cermat, teliti dan bertanggung jawab.

3.2 Saran
Berdasarkan kesimpulan diatas, ada beberapa saran atau pendapat yang dapat kami sampaikan sebagai bahan masukan yang baik dalam penulisan laporan ini maupun bagi pihak sekolah, yaitu sebagai berikut :
1. Agar study wisata ini dapat betul-betul dirasakan fungsi dan manfaatnya, maka perlu bimbingan yang serius oleh segenap anggota dewan bimbingan yang serius oleh segenap anggota dewan pembimbing maupun oleh guru yang bersangkutan, karena kegiatan ini sangat berguna sebagai bekal bagi siswa untuk memasuki dunia kerja nyata.
2. Agar study wisata ini dapat bermanfaat atau lebih efektif perlu untuk menambah alokasi waktu dan tempat yang akan dikunjungi.
3. Untuk menciptakan generasi atau lulusan SMK yang terampil dan siap memasuki dunia kerja, maka kegiatan study wisata ini perlu dilanjutkan dan berkesinambungan.

No comments: