Monday, February 9, 2009

MANUSIA SEBAGAI KHALIFAH DIBUMI

BAB 1
AL-QUR’AN TENTANG TUGAS MANUSIA
SEBAGAI KHALIFAH DIBUMI

A. Surat Al-Mukmin ayat 67
1. Kandungan Ayat
Ayat diatas menjelaskan proses penciptaan manusia yang terdiri dari beberapa tahapan. Manusia pertama, Nabi Adam as diciptakan dari tanah atau dalam ayat ini disebut debu. Proses penciptaan manusia melalui beberapa tahapan Al-Qur’an menjelaskan ada empat tahapan proses penciptaan manusia.
Tahap pertama berupa nuftah (sperma) hasil pembuahan dari sperma laki-laki dan perempuan selama 40 hari. Tahap kedua berubah menjadi “alaqah” (segumpal darah) juga dalam waktu 40 hari. Tahap ketiga berupa mudgah (segumpal daging) juga dalam waktu 40 hari. Tahap keempat Allah memberikan bentuk yang lain yaitu janin (dalam bentuk manusia)
Sombong kepada Allah artinya tidak mengakui Allah sebagai Tuhan atau mengakui Allah sebagai Tuhan tetapi perbuatannya yang dilakukan selalu melanggar aturan-aturan Allah.
Sombong kepada manusia artinya dia merasa bahwa dirinya paling hebat dan paling benar dan sebagainya.

B. Surat Al-Baqarah ayat 30
Surat Al-Baqarah diatas menjelaskan tentang tugas manusia sebagai khalifah didunia, Allah menugaskan manusia sebagai khalifah dibumi memiliki 2 alasan.
Pertama : Para malaikat tidak pernah melakukan pelanggaran terhadap aturan Allah SWT mereka selalu taat, tunduk dan patuh terhadap semua perintah Allah dan.
Kedua : Para malaikat memperkirakan bahwa manusia nantinya selalu berbuat kerusakan dibumi, dan saling membunuh satu dengan yang lainnya, dengan kedua alasan tersebut Allah menjadi mereka khalifah dimuka bumi ini.
Pemahaman dan penghayatan diatas dapat membuktikan kesadaran kepada manusia bahwa sebagai khalifah dibumi, manusia memiliki beberapa tugas yang harus dilaksanakan.
1) Sebagai hamba Allah, manusia berkewajiban untuk menyembah dan mengabdi kepadanya.
2) Sebagai khalifah dibumi manusia berkewajiban sebagai memakmurkan bumi ini dan menjaga dari hal-hal yang merusak bumi.
3) Sebagai khalifah dibumi ini berkewajiban untuk memajukan kehidupan dunia.

C. Surat Az-Zariyah Ayat 56
* Kandungan ayat
Tugas utama manusia hidup didunia ini adalah untuk beribadah kepada Allah SWT. Jadi apapun yang dilakukan manusia harus diniatkan untuk beribah kepada Allah SWT.
Ibadah dalam pengertian luas adalah seluruh aktivitas yang baik, dilakukan dengan cara yang baik dan berniat untuk mencari ridho dari Allah.
Para ulama membagi ibadah menjadi 2 yaitu :
1) Ibadah mahdah (murni)
2) Ibadah ghairuh mahdah (tidak murni)

No comments: