Monday, February 9, 2009

PRINSIP-PRINSIP BERIBADAH

BAB 2
AL-QUR’AN TENTANG PRINSIP-PRINSIP BERIBADAH

A. Surat Al-An’am ayat 162 – 163
* Kandungan ayat
Menjelaskan tentang semua kegiatan kita ini hanyalah untuk beribadah dan mengabdikan kepada Allah SWT. Ridha Allah adalah sesuatu yang mutlak harus kita capai sebab ridha Allah merupakan kunci kebahagiaan kita diakhirat.
Diantara aqidah (keyakinan) yang harus kita yakini dan kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari adalah tauhid (menegaskan Allah) dan tidak menyekutukannya dengan sesuatu. Syirik merupakan dosa besar bahkan dosa yang tidak terampuni bagi Allah adalah dosan karena syirik. Orang yang melakukan syirik disebut musyrik.

B. Surat Al-Bayyinah Ayat 5
* Kandungan ayat
Ibadah yang kita lakukan harus disertai dengan niat iklas semata-mata karena Allah SWT bukan karena keinginan pujian manusia. Ikhlas adalah ruh (nyawa)dari seluruh amal. Amal ibadah yang tidak disertai dengan ikhlas tidak ada nilainya, ibarat jasad tanpa ruh, tidak berfungsi sama sekali.
Selain itu ayat diatas juga memerintahkan kita untuk menjalankan perintah agama dengan sebenar-benarnya. Pemahaman dan penghayatan ayat ini dapat memotivasi seorang muslim untuk selalu meniatkan seluruh ibadah dilakukan benar-benar ikhlas karena Allah semata untuk mencapai ini tidak mudah, membutuhkan latihan yang intensif dan terus menerus, sehingga terbiasa dengan keikhlasan ini diantara sifat manusia ini selalu ingin dipuji orang lain dalam aktifitas yang dilakukannya. Orang yang melakukan ibadah dengan riya maka ibadahnya tidak akan diterima, bahkan akan mendapatkan bahkan akan mendapatkan kerusakan dan siksaan dari Allah.

No comments: