Friday, August 7, 2009

Belajar Bahasa Inggris: Meminta dan Menawarkan

Study the following dialogs. Underline the expressions of asking for and offering suggestions. Then, write the expression in the table.

1. Situation : A husband and wife are taking at breakfast
Wife : Darling, the hair-dryer I bought yesterday isn’t working. What do you think I should do about it?
Husband : Why don’t you try taking it back to the store?
Wife : Well, I was thinking of that, but don’t you think you could look at it first?
Husband : O.K, but not now. Maybe later

2. Situation : A student is talking write her advisor
Student : Mrs. Wilson, what do you think I should do about my chemistry class? Should I drop it or continue with it?
Mrs. Wilson : I think it would be a good idea to talk with your instructor. Try talking with her about the problems, and see what she suggests.
Student : What if she says I should continue with the class??
Mrs. Wilson : Then follow her advice. She doesn’t want to fail you.

Asking for advice :
• Do you think I ought to call the police?
• What do you think I should buy him for his birthday ?
• Do you have any ideas about how I can self my car ?
• Should I try to talk with him about this matter again ?
• If you were in my situation, would you forgive him ?
• Do you have any advice for me ?
• Can you give me some advice ?
• Do you have any recommendations about a good hotel in Paris ?
• Can you recommend a suitable wine for dinner ?

Offering advice
• I think you’d better start looking for a new job.
• If I were you, I’d stop writing her.
• It would probably be a good idea to send this mail by express mail.
• Why don’t you try calling her tonight ?
• How about taking the bus instead of driving ?
• Try ignoring her for a while.
• I’d say that you’d better quit the team now.
• I advise you to talk with your lawyer.
• My advice is to be careful doing business with them.
• I suggest that we go out for dinner tonight.
• Let me suggest that we buy a new copier.
• I recommend that you cancel your appointment.
• My recommendation is that we begin the sales program in May.

Try this. Do the following task
1. Take a piece of paper.
2. Write on the paper about a problem you have now.
3. Exchange your paper with another student next to you.
4. Now, each student writes a suggestion/ advice/ recommendation of your friend’s problem on another piece of paper.
5. Use the expressions of offering suggestion / advice / recommendation you have learned.
6. Return the paper to your partner.
7. In pairs, make a short dialog. Your partner will answer based on the suggestion/ advice/recommendation written on your paper.

Belajar dialog berikut ini. Kalimat yang digaris bawahi yang meminta dan menawarkan saran. Kemudian, tulis ekspresi dalam tabel.

1. Situasi : Sebuah suami-isteri sedang mengambil sarapan
Isteri : Sayang, pengering rambut yang saya dibelikan kemarin tidak bekerja. Apa
pendapat anda tentang saya harus melakukan tentang itu?
Suami : Bagaimana kalau Anda mencoba mengambil kembali ke toko?
Isteri : Baik, saya pikir itu, tetapi tidak kamu dapat melihat terlebih dahulu?
Suami : O.K, tetapi tidak sekarang. Mungkin nanti

2. Situasi : Seorang siswa sedang berbicara pada penasehat
Siswa : Nyonya Wilson, apa pendapat anda tentang saya harus melakukan tentang kelas ilmu kimia saya? Harus saya menjatuhkan itu atau melanjutkan dengan itu?
Ny. Wilson : Saya kira itu akan suatu ide bagus untuk berbicara dengan instruktur anda. Coba bicara dengannya tentang permasalahan, dan melihat apa dia menyarankan.
Siswa : Bagaimana jika dia mengatakan saya harus melanjutkan dengan kelas??
Ny. Wilson : Kemudian mengikuti dia menasihati. Dia tidak ingin menggagalkan anda.

Meminta advis/nasihat :
o Apakah anda pikir saya harus memanggil polisi?
o Apa pendapat anda tentang saya harus membeli untuk hari kelahiran dia?
o Apakah Anda memiliki gagasan tentang bagaimana saya dapat mobil saya sendiri?
o Harus saya mencoba untuk berbicara dengan dia tentang materi ini lagi ?
o Jika anda dalam situasi tersebut, Anda akan memaafkan dia?
o Apakah anda mempunyai advis/nasihat apapun bagi saya ?
o Bisakah anda berikan saya beberapa advis/nasihat ?
o Apakah anda mempunyai rekomendasi apapun tentang suatu hotel baik di Paris ?
o Tolong rekomendasikan anggur yang cocok untuk makan malam?

Tawaran advis/nasihat
o Saya kira anda akan lebih baik mulai mencari satu pekerjaan baru.
o Jika saya adalah anda, Saya akan stop penulisan dia.
o Itu mungkin akan menjadi ide bagus untuk mengirimkan surat ini pengiriman cepat surat.
o Mengapa tidak Anda coba panggil dia malam ini?
o Bagaimana dengan berkendara bis, bukan?
o Cobalah mengabaikan dia untuk sementara waktu.
o Saya akan mengatakan bahwa anda akan lebih baik berhenti/ meninggalkan tim sekarang.
o Saya menasihati anda untuk berbicara dengan pengacara anda.
o Saya saran adalah untuk berhati-hati melakukan bisnis dengan mereka.
o saya menyarankan bahwa kami pergi untuk makan malam.
o Biarkan saya meyakinkan bahwa kita membeli satu pengutip baru.
o Saya merekomendasikan bahwa anda membatalkan janji temu anda.
o Rekomendasi Saya adalah bahwa kita mulai program penjualan pada bulan Mei.

Coba ini. Melakukan tugas berikut :
1. Mengambil sepotong kertas.
2. Menulis pada kertas tentang masalah yang ada sekarang.
3. Anda bertukar kertas dengan siswa lain di samping Anda.
4. Sekarang, setiap siswa menulis usulan / saran / rekomendasi dari teman Anda masalah pada bagian lain dari kertas.
5. Menggunakan kalimat yang menawarkan saran / saran / rekomendasi yang telah Anda pelajari.
6. Kembali ke karya Anda.
6. Dalam pasangan, membuat sebuah dialog singkat. Anda akan didasarkan pada usulan / saran / rekomendasi tertulis pada kertas.

1 comment:

Suatmaji said...

EnglisHour.Co.CC English at Your Mouse Clicks! English Help with Native Speakers! The Fast Track to Learn English! The Linguistic Skills Builder.