Friday, June 4, 2010

Sengketa International

PENDAHULUAN
Sengketa Internasional disebut dengan perselisihan yang terjadi antara Negara dan Negara, Negara dengan individu atau Negara dengan badan-badan / lembaga yang menjadi subjek internasional.
Sengketa tersebut terjadi karena berbagai sebab, antara lain :
1. Salah satu pihak tidak memenuhi kewajiban dalam perjanjian Internasional.
2. Perbedaan penafsiran mengenai isi perjanjian Internasional.
3. Perebutan sumber-sumber ekonomi
4. Perebutan pengaruh ekonomi
5. Adanya intervensi terhadap kedaulatan Negara lain
6. Penghina terhadap harga diri bangsa



PEMBAHASAN
Sengketa Internasional dapat diselesaikan dengan dua cara yaitu :
1. Penyelesaian sengketa Internasional secara damai.
2. Bila penyelesaian secara damai gagal, maka penyelesaian dilakukan dengan paksa atau kekerasan.

1. Apa penyebab sengketa Internasional
1. Penyelesaian sengketa Internasional secara damai merupakan penyelesaian tanpa paksaan atau kekerasan. Cara-cara penyelesaian secara damai meliputi :
A. Arbitrasie  Penyelesaian sengketa secara damai, prosesnya dilakukan dengan cara menyerahkan penyelesaian sengketa pada orang-orang tertentu yaitu Arbitrator.

B. Penyelesaian Yudisial
Penyelesaian Yudisial adalah penyelesaian sengketa internasional melalui suatu pengadilan internasional yang dibentuk sebagaimana mestinya dengan melakukan kaidah-kaidah hokum.

C. Negoisasi jasa-jasa baik, mediasi, konsiliasi dan pendidikan
Adalah cara-cara penyelesaian yang kurang begitu formal dibandingkan dengan penyelesaian yudisial atau arbitrase.

D. Jasa-jasa baik atau mediasi merupakan cara penyelesaian sengketa internasional dimana Negara ketiga yang bersahabat dengan para pihak yang bersengketa membantu penyelesaian sengketa secara damai.

E. Sebaiknya, dalam penyelesaian sengketa internasional dengan menggunakan mediasi, pihak yang melakukan mediasi memiliki suatu peran yang lebih aktif. Ia ikut serta dalam negoisasi serta mengerahkan pihak-pihak yang bersengketa demikian rupa sehingga penyelesaiannya dapat tercapai.





F. Konsiliasi adalah suatu penyelesaian sengketa internasional melalui sebuah komisi atau komite. Komisi tersebut membuat laporan beserta usul kepada para pihak yang bersengketa tentang penyelesaian sengketa tersebut.

G. Penyelidikan sebagai suatu cara menyelesaikan sengketa secara damai dilakukan dengan tujuan menetapkan suatu fakta yang dapat digunakan untuk memperlancar suatu perundingan. Kasus yang sering diselesaikan dengan bantuan metode ini umumnya adalah kasus-kasus yang berkaitan dengan sengketa batas wilayah suatu Negara.



KESIMPULAN
2. Cara penyelesaian secara paksa atau kekerasan dilakukan dengan berbagai cara berikut :

A. Perang dan tindakan bersenjata non-perang bertujuan untuk menaklukan Negara lawan dan untuk membebankan syarat-syarat penyelesaian suatu sengketa internasional.

B. Retorsi
Adalah pembalasan dendam oleh suatu Negara terhadap tindakan-tindakan tidak pantas yang dilakukan oleh Negara lain.

C. Pembalasan adalah cara penyesuaian sengketa internasional yang digunakan oleh suatu Negara untuk mengupayakan diperolehnya ganti rugi dari Negara lain.

2 comments:

denis 'uchild' setianto said...
This comment has been removed by the author.
irwan yoshinaga said...

thank's for your information visit back http://irwanyoshinaga.blogspot.com (berbagi sharing tentang tips & trik seputar masalah komputer, hardware, sofware, crack, cheat, jaringan dan cara mengatasinya)